Pesan Moral Agama Melalui Gerakan Penanaman Mangrove oleh LDII

Kendari, (ANTARA News) – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebarkan pesan-pesan moral agama melalui Gerakan Nasional Cinta Bahari (GNCB).”Dalam GNCB, kita menggalakkan penanaman pohon bakau pada wilayah pesisir di seluruh kabupaten dan kota di Sultra masing-masing sebanyak 1.000 pohon,” kata Ketua DPW LDII Sultra, L Kadir di Kendari, Jumat.

Dalam mendorong masyarakat wilayah pesisir agar dapat menyukseskan gerakan menanam pohon bakau tersebut kata dia, maka LDII memberikan pemahaman kepada warga bahwa menanam pohon akan memberikan banyak manfaat dan pahala. Ketika pohon yang ditanam itu tumbuh besar ujarnya, pohon tersebut akan melindungi pantai dari abrasi sekaligus menjadi habitat sejumlah ikan dan kepiting bakau dan organisme laut lainnya.


Saat berbagai jenis ikan dan kepiting itu dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan manusia kata dia, maka yang menanam pohon bakau tersebut akan terus mendapatkan pahala kebajikan meski yang bersangkutan sudah meninggalkan dunia. “Dalam menyebarkan pesan-pesan moral agama dalam GNCB ini kami bekerjasama dengan Majelis Ulama Islam Indonesia,” katanya.

Diharapkan ujarnya melalui pesan-pesan moral agama yang disampaikan melalui GNCB tersebut dapat menumbuhkan kesadaran di kalangan warga untuk gemar menanam pohon, baik hanya pohon bakau di wilayah pesisir maupun pohon lain di lahan-lahan kritis atau yang sudah gundul. “LDII dan MUII berkeyakinan, bahwa kalau masyarakat sudah memahami betul betapa besar manfaat dan pentingnya menanam dan memelihara satu pohon, tidak ada lagi warga yang sembarangan menebang pohon atau merusak lingkungan,” katanya.


Gubernur Sultra dan Ketua Umum DPP LDII dalam Pencanangan GNCB di Kendari

Menurut Kadir, GNCB yang dipelopori LDII bersama MUI tersebut secara nasional sudah dicanangkan di Kota Kendari, Provinsi Sultra pada Minggu, (18/12) oleh Ketua Umum LDII, Abdul Syam dan Gubernur Sultra H. Nur Alam , SE beserta para pejabat utama provinsi Sultra. Pada acara pencanangan yang dihadiri oleh 33 Pengurus LDII dari seluruh Indonesia dan ribuan Warga LDII Kendari itu, dilakukan penanaman pohon bakau sebanyak 3.000 pohon di wilayah pesisir Teluk Kendari.(Ant)[http://sultra.antaranews.com]
 

Komentar