Kamis, 25 April 2013

Pameran Akbar Sambut HUT Sultra ke 49

Dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Sulawesi Tenggara ke 49, Pemerintah Daerah Provinsi Sultra menyelenggarakan Pameran Akbar Tahunan "Halo Sultra" di Pelataran Monumen Persatuan, Kendari. Gubernur Sultra, H Nur Alam telah membuka secara resmi pameran dan seni budaya Halo Sultra yang ke 6 di HUT Sultra ke-49. Direncanakan, pameran yang menampilkan seluruh kebudayaan asli Sultra ini akan dilaksanakan selama sepekan. Nur Alam dalam sambutannya mengatakan bahwa pameran ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil yang telah didapat oleh daerah. "Selain itu, dengan adanya pameran ini, pemerintah bisa menunjukan apa yang telah dicapai kepada masyarakat," jelasnya.

Pembukaan yang dirangkaikan dengan pemukulan gong dan pengguntingan pita, oleh Tim Penggerak PKK RI, Vita Gamawan Fauzi, menandai bahwa Halo Sultra resmi di buka untuk dinikmati oleh masyarakat. Dari pantauan media, aneka potensi dan keterampilan yang diturunkan oleh seluruh Stan-stan perwakilan Muspida bersifat unik dengan khas asli Sultra, seperti bahan-bahan tenunan, kerajinan dari bambu, sampai properti dari kayu jati asli. Bahkan Ibu Vita ikut mencoba cara menenun kain khas Sultra yang siapkan oleh ibi-ibu Dekranasda Sultra. Dari sekian banyak yang dipamerkan, Vita nampaknya lebih tertarik untuk memilih-milih kain khas Sultra untuk dijadikan kenang-kenangan.

Ketua Panitia Halo Sultra, La Ode Abdul Rahim, mengatakan, Pemprov menjadikan halo Sultra sebagai kalender tahunan. Sebab banyak manfaat yang didapat di pameran, ada banyak info terkait Sultra yang ditampilkan. Info tersebut sangat relevan dengan pemerintah provinsi, pusat maupun kabupaten/kota, termasuk dunia usaha. Nah dari informasi tersebut, pengunjung akan dapat mengetahui keunggulan dan potensi yang dimiliki Sultra.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar