Workshop Ekonomi Syariah Digelar Oleh DPW LDII Sultra


Sebagai ormas Islam yang peduli dengan perkembangan ekonomi syariah yang saat ini mulai semakin familiar di kalangan pelaku ekonomi khususnya yang bergelut di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), maka LDII aktif memotivasi anggotanya untuk selalu memakai jasa keuangan syariah dalam aktivitas sehari-hari. Menindaklanjuti hal tersebut DPW LDII Sultra menyelenggarakan Seminar dan Workshop Pengembangan Ekonomi Syariah Pada Hari Sabtu 25-26 Mei 2013 yang pembukaannya berlangsung meriah di Hotel Athaya Kendari. Beberapa pejabat Kemenag Sultra, dan Bank Indonesia Cabang Kendari juga turut hadir dan menyampaikan materi.

Acara yang mulai berlangsung sejak pukul 09.00 Wita yang dibuka oleh Ketua DPP LDII H.M Hidayat Nahwi Rosul dihadiri oleh sekitar 300 peserta workshop utusan dari 12 kota/kabupaten di Sultra  dan para pengurus LDII Sultra.  Dalam pembukaannya H.M Hidayat Nahwi Rosul mengungkapkan bahwa selama ini LDII sudah memberikan banyak kontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah di berbagai daerah termasuk di wilayah Sulawesi Tenggara seperti saat ini


 Salah Satu Pemateri dari Pejabat Bank Indonesia Kendari La Ode Bachtiar

Ditambahkan, dirinya sangat mendukung pembentukan BMT di Sultra. Dirinya berharap gelombang ekonomi syariah yang sudah diterapkan di negara-negara maju bisa sampai ke Indonesia termasuk Provinsi Sulawesi Tenggara. Sementara itu Ketua DPW LDII Sultra L. Kadir S.Pd menjelaskan, kegiatan tersebut  bertujuan agar masyarakat dapat memahami dan mengetahui bahwa berusaha, berbisnis dan bertransaksi berdasarkan Syariah sangat menguntungkan, bermanfaat dan barokah. Selain itu, kegiatan tersebut sebagai sosialiasi untuk rencana pembentukan Baitul Maal wa Tamwil (BMT) atau lembaga keuangan mikro di Sulawesi Tenggara.


 Ratusan Peserta Workshop Utusan dari Berbagai Wilayah Sultra

“Kegiatan yang kami maksudkan ini untuk membentuk Sumber Daya Manusia yang jujur, amanah dan hidup sederhana dalam kehidupan bermsyarakat berbangsa dan bernegara. Memiliki perilaku hidup rukun, kompak dan kerjasama yang baik,” L. Kadir S.Pd. Saat ini DPW LDII Provinsi Sultra telah membentuk kepengurusan di 12 kab/kota dan akan segera membentuk 2 pengurus baru lagi di daerah yang baru dimekarkan yakni Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) dan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Selain itu sudah terbentuk di pengurus di 177 kecamatan dan 250 desa/kelurahan dengan jumlah pengurus mencapai 7.000 orang. 

Komentar