Pola Makan Secukupnya Ala Rasulullah


Manusia tidak dianjurkan untuk memakan makanan yang berlebihan. Selain mubazir, Rasulullah SAW juga telah menganjurkan umat Islam untuk makan secukupnya saja.

Namun, sebuah penelitian sains yang dikhususkan untuk dunia kesehatan mengungkapkan, makan berlebihan dapat mengakibatkan seseorang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi tersebut dapat mendatangkan beragam penyakit seperti diabetes dan darah tinggi.


Sebab itu, ahli gizi menganjurkan untuk memakan makanan yang tidak terkandung lemak jenuh dan kolesterol yang berlebih, serta dianjurkan untuk tetap menjaga tubuh yang ideal. Anjuran itu juga telah tertulis dalam kitab suci Alquran, bagi umat Islam perintah tersebut sudah cukup jelas.

Seperti yang dikutip dari buku ‘Sains dalam Alquran’ (2013) yakni, “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan,” (QS. Al A’raf: 31). Dengan begitu, Allah SWT menganjurkan umatnya untuk tidak makan berlebihan, sebab akan memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan. 

Dampak lain dari makan terlalu banyak adalah menyebabkan kerasnya hati. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa banyak kenyang dan banyak tidur, maka keraslah hatinya. Kemudian beliau bersabda, “Setiap sesuatu mempunyai zakat dan zakat badan adalah lapar“ (HR. Ibnu Majah).

Selain dapat menyebabkan kerasnya hati, banyak makan juga dapat membuat seseorang menjadi pemalas, mudah terserang penyakit, membuat badan buncit, otak sempit tak mampu berpikir dan orang yang banyak makan berarti telah diperbudak oleh setan karena mengikuti nafsu perutnya.

Rasulullah bersabda, “Tidak ada tempat paling buruk yang diisi manusia selain perutnya, cukuplah seorang anak Adam makan beberapa suap makanan saja yang dapat mengokohkan tulang punggungnya. Jika memang ia harus mengisi perutnya maka hendaknya ia memberikan sepertiga untuk makanannya, sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk nafasnya“ (HR. Tirmidzi).

Setelah mengetahui adanya larangan banyak makan dan tidur, sebaiknya kita sebagai orang yang beriman bisa lebih mengontrol lagi hal-hal tersebut. Janganlah rakus terhadap makanan, jangan makan sebelum lapar, berhentilah sebelm kenyang, tidurlah sebentar, jangan sampai tidurmu melalaikan sholat dan ibadahmu.

Komentar