Beribadah Dengan Khusuk

Pertama kali yang akan musnah dalam umat akhir jaman adalah sifat hati yang khusuk. Manusia sudah tidak bisa konsentrasi, fokus dan serius dalam beribadah. Waktu dan pikiran manusia lebih banyak tersita untuk urusan dunia daripada urusan agama dan zdikir pada Allah.

Dalam Surah Al-Hadid ayat 16 Allah Ta’ala menasehatkan, hendaknya orang-orang beriman khusuk hatinya untuk ingat pada Allah dan pada agama Allah.

Janganlah kaum Muslimin seperti orang-orang ahli kitab, Yahudi dan Nasrani, yang umurnya panjang tapi keras hatinya dan banyak melanggar karena tidak khusuk pada Allah.

1579 – حَدَّثَنَا إِدْرِيسُ بْنُ عَبْدِ الْكَرِيمِ الْحَدَّادُ، ثَنَا عَاصِمُ بْنُ عَلِيٍّ، ثَنَا فَرَجُ بْنُ فَضَالَةَ، عَنْ لُقْمَانَ بْنِ عَامِرٍ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «أَوَّلُ مَا يُرْفَعُ مِنْ هَذِهِ الْأُمَّةِ الْخُشُوعُ حَتَّى لَا يُرَى فِيهِ خَاشِعًا»

Dari Abi Darda’, sesungguhnya Nabi s.a.w. bersabda: “Pertama kali diangkat dari umat ini adalah rasa khusu’ sehingga tidak dijumpai lagi dalam umat sifat khusuk.
[Hadist Riwayat Thobrini No 1579]

أَلَمْ يَأْنِ لِلَّذِينَ آمَنُوا أَنْ تَخْشَعَ قُلُوبُهُمْ لِذِكْرِ اللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ الْحَقِّ وَلَا يَكُونُوا كَالَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلُ فَطَالَ عَلَيْهِمُ الْأَمَدُ فَقَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَكَثِيرٌ مِنْهُمْ فَاسِقُونَ (16)

Adakah belum waktunya orang-orang beriman khusuk hati mereka untuk ingat kepada Allah dan pada apa-apa yang diturunkan dari agama yang haq dan janganlah seperti orang-orang yang diberi kitab sebelumnya maka masa mereka lama maka keras hati mereka dan kebanyakan mereka fasiq.
[Surah Al-Hadidi ayat 16]


Sumber : Pengajian-ldii.net

Komentar