Pahala dan Manfaat Membaca Tahlil


Umat Islam sudah memaklumi bahwa dhikir paling utama adalah bacaan tahlil : لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ / Laa Ilaha Illalloh (Tiada Tuhan Selain Allah). Jika kita menyimak Hadist Shohih Bukhari No. 6403 Kitabu Da’awat lebih rinci menjelaskan keutamaan dzikir tahlil dan pahalanya bila dibaca 100 kali pada pagi hari dan 100 kali di sore hari. Keutamaan berdzikir membaca tahlil tiap pagi dan sore itu adalah:



  1. Pahalanya sebanding dengan memerdekakan 10 orang budak.
  2. Dicatat baginya 100 (seratus) kebaikan
  3. Dihapus 100 (seratus) kejelekannya
  4. Dijaga dari gangguan syetan
  5. Tidak ada pahala yang lebih besar kecuali orang yang beramal lebih.
H.R. Bukhari 6403 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْلَمَةَ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ سُمَيٍّ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” مَنْ قَالَ: لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ، كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ، وَكُتِبَ [ص:86] لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ، وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِائَةُ سَيِّئَةٍ، وَكَانَتْ لَهُ حِرْزًا مِنَ الشَّيْطَانِ، يَوْمَهُ ذَلِكَ حَتَّى يُمْسِيَ، وَلَمْ يَأْتِ أَحَدٌ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ إِلَّا رَجُلٌ عَمِلَ أَكْثَرَ مِنْهُ،

… Rasululllah SAW bersabda: “Barang siapa membaca lafadz:
لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ,
dalam sehari seratus kali, ada baginya sebanding dengan memerdekakan 10 orang budak, dan dicatat baginya seratus kebaikan, dan dihapus seratus kejelekan, dan ada baginya penjagaan dari syetan pada hari itu sampai sore dan tidak ada seorangpun yang melebihi pahalanya kecuali laki-laki yang mengamalkan lebih banyak darinya”.

[Hadist Shohih Bukhari No. 6403 Kitabu Da’awat]

Komentar