KH. Rusman Andjo Tokoh Perintis LDII di Kendari Wafat


Pada hari senin 5 Agustus 2019 beberapa waktu lalu segenap warga LDII Kendari dikejutkan oleh berita duka yang datang dari Pengurus Masjid Al-Manshurin Kelurahan Wua-Wua, Kota Kendari, bahwa Imam Masjid Al-Manshurin yang juga merupakan salah satu tokoh perintis LDII Kota Kendari yaitu KH. Rusman Andjo, SE, M.Si telah wafat diusianya yang sudah lebih 63 tahun. Diduga beliau wafat karena kelelahan usai jalan-jalan pagi di sekitar kediamannya yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Masjid Al-Manshurin.

Menurut kesaksian beberapa tetangga almarhum yang juga jamaah masjid, pada pagi hari itu usai mengimami Shalat Subuh berjamaah di masjid beliau sempat mengecek pekerjaan tukang yang sedang merehab kamar mandi Masjid Al-Manshurin dan sempat berkeliling mengitari komplek perumahan jamaah di sekitar masjid hingga pukul 07.00 WITA. Istri almarhum juga menuturkan bahwa sekitar pukul 08.00 pagi, sebelum mandi beliau sempat berpesan kepada istrinya agar pergi mengambil uang tabungan di BMT (lembaga keuangan syariah) untuk biaya Qurban, Alangkah terkejutnya sang istri ketika pulang kembali ke rumah dan mendapati sang Kiai sudah dingin terbujur kaku.

Persiapan Shalat Jenazah KH. Rusman Andjo

Semasa hidupnya almarhum yang pernah menjabat sebagai Sekretaris Dewan / Sekwan DPRD Kota Kendari dikenal sebagai Imam Masjid yang disiplin, Pak Djumaedi salah satu tetangga almarhum juga menuturkan bahwa begitu mendengar suara adzan berkumandang beliau selalu bergegas menuju ke Masjid. Selain pembawaanya yang disiplin dan tegas, beliau juga dikenal pribadi yang ramah, perhatian, dan bijaksana.

Karangan Bunga yang Memenuhi Pagar Rumah Almarhum

Tak heran ketika mendengar kabar wafatnya almarhum, ratusan warga setempat berbondong-bondong mendatangi rumah duka. Tidak hanya tetangga sekitar tapi dari juga dari berbagai kalangan dari dalam maupun luar kota kendari. Sang Kiai selanjutnya dimakamkan di Pemakaman Keluarga di Ranomeeto. Almarhum telah meninggalkan seorang istri dan dua orang anak. Semoga almarhum khusnul khotimah diterima seluruh amal ibadah dan diampuni segala dosanya. Aamiin....

Komentar