5 Sukses Ibadah di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan ampunan, rugilah bagi orang yang sudah melewati ramadhan tapi dia tidak mendapatkan ampunan dari Allah, selain itu pula semua amalan dilipat gandakan baik ataupun buruknya.


Maka dari itu kami mengingatkan kembali kepada kawan kawan semua untuk meraih kesuksesan dalam bulan ramadhan ada program ibadah Lima Sukses Ramadhan meliputi: sukses puasa ramadhan, sukses Sholat Tarawih, sukses Tadarus Al-Quran, sukses Lailatul Qodar, dan yang kelima adalah sukses Zakat, Infaq dan Shodaqoh.

1.    Sukses Berpuasa Ramadhan  
Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183 disebutkan,”Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu sekalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar engkau menjadi orang yang bertaqwa.”

Dalam hadist Bukhori Kitab keutamaan Malam Qodar dijelaskan,” Dari Abi Hurairoh RA dari Nabi SAW, Nabi bersabda,” Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan kerena mencari pahala dari Allah, diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya. Dan barang siapa berdiri (beribadah) pada malam qodar karena mencari pahala dari Allah, diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya.”

Jadi selama kita tidak mengalami udzur seperti kondisi sakit, mengalami gangguan jiwa, pikun, ataupun kondisi haid bagi perempuan, maka diharuskan untuk berpuasa sebulan penuh tanpa melewatkan satu haripun.

2.            Sukses Sholat Tarawih
Hadist riwayat Bukhori dalam Sholat Tarawih dijelaskan,” Dari Abi Huriroh RA dan Nabi SAW, Nabi bersabda,” Barang siapa berdiri (sholat sunnah) pada bulan Ramadhan karena mencari pahala dari Allah, diampuni apa-apa yang telah lewat dari dosanya.

3.            Sukses Tadarus Al Quran
Dalam bulan Ramadhan ini dianjurkan dapat mengkhatamkan bacaan Al-Quran 30 juz, sedikitnya satu kali, adapun bagi yang belum lancar dalam membaca Al-Quran agar berusaha meningkatkan/mengasah kemampuan membaca Al Qurannya selama bulan ramadhan ini. Karena satu huruf Al-Quran yang kita baca selama bulan Ramadhan digandakan 10 kali lipat oleh Allah dibanding bulan lainnya.

4.            Sukses Iktikaf dan Malam Lailatur Qodar
Pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan, para jamaah dianjurkan bisa beribadah full semalam suntuk (itikaf) di dalam Masjid hingga waktu Subuh. Malam Qodar jatuh diantara 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Beribadah dalam malam Qodar tersebut pahalanya melebihi beribadah selama 1000 (seribu) bulan. Awas jangan sampai terlewatkan atau bahkan tertidur dalam malam yang agung tersebut.

5.            Sukses Zakat, Infak, dan Sedekah

Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 43 dijelaskan,” Tegakkanlah shalat dan bayarlan Zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk,” dalam hal ini membayar zakat dengan satu Sho’  (sekitar 2,7 Kg) makanan pokok yang disetorkan kepada amil zakatnya sebelum terbitnya fajar di idul Fitri. Selain zakat selama bulan Ramadhan dianjurkan memperbanyak infak dan sedekah, terlebih lagi pada saat 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Karena jika kita infak dan sedekah pada saat tersebut nilai pahalanya dilipatkan berkali-kali lipat dibanding waktu lainnya Sekian semoga bermanfaat.

Komentar