LDII Edukasi Masyarakat dengan Informasi Pengobatan Herbal


INDOPOS.CO.ID - DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) menggelar focus group discussion (FGD) dengan tema "Menuju Hidup Sehat Alami", di kantornya, Jalan Tentara Pelajar, Senayan, Jakarta, Dalam FGD tersebut, bermacam sudut pandang dari pemangku kepentingan industri kesehatan dimintakan pendapat untuk bahan menetapkan langkah kerja ke depan pemerintah dan pihak berkepentingan.

Hadir sebagai narasumber, dr Rosita dari BPOM, Prof. Dr. dr. Erni Hernawati Purwaningsih, dan dr. Agus Sudrajat dari Forum Komunikasi Kesehatan Indonesia (FKKI).
Aselina Trihastuti, Ketua DPP LDII bidang PPKK yang sekaligus sebagai panitia FGD berharap, dengan diadakannya FGD Menuju Hidup Sehat Alami, akan tergali informasi dan sudut pandang para pemangku kepentingan industri herbal. “Masyarakat perlu tercerdaskan akan informasi-informasi mengenai pengobatan herbal,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Umum DPP LDII yang diwakili oleh Rathoyo Rasdan, dalam pembukaanya mengatakan, kesehatan merupakan hak asasi negara. "Sehat alami kami masukan slogan lama 'Sehat Itu Murah Sakit Itu Mahal'. Sehat alami yang terjangkau," ujar dia dalam sambutan pembukaannya.
"Kami harapkan dapat dihembuskan sebagai salah satu upaya dan memanfaatkan tanaman herbal untuk anak turun temurun anak turun kita. Bagaimana tanaman herbal ini bisa jadi obat yg terpercaya," lanjut Rathoyo.
Sementara, Kementerian Kesehatan berkomitmen mendukung kegiatan positif di bidang Kesehatan termasuk dalam hal pemanfaatan herbal asli Indonesia untuk kesehatan bangsa. Direktur pelayanan kesehatan Tradisional Kemenkes RI, Ina Rosalina mengatakan, pemerintah meminta masyarakat cerdas menyikapi pemanfaatan pelayanan kesehatan tradisional.
“Pemerintah sangat menghargai keterlibatan masyarakat untuk ikut menyadarkan pemanfaatan herbal asli Indonesia sehingga dapat membawa dampak besar dalam menciptakan masyarakat sehat dan sejahtera,” ujar Direktur Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes RI, Dr. dr. Ina Rosalina SpA(K), M. Kes, MH. Kes. (rmn)

Komentar