HUT Emas Sultra ke 50 Dimeriahkan Aneka Pertunjukan Seni Budaya

Dalam rangka HUT Sultra ke 50, Pemprov Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pertunjukan seni budaya tari dan musik daerah. Pertujukan Seni budaya tari dan musik daerah tersebut digelar di Kendari, Rabu malam (23/4). Dalam pertunjukan tersebut menampilkan perwakilan dari 12 Kabupaten/kota di Sultra. Penampilan seni budaya ini merangsang antusiasme warga Sultra untuk hadir dan melihat secara langsung. Kegiatan ini juga menjadi ajang mempromosikan budaya dari Kabupaten/Kota yang ada di Sultra.

Pertunjukan seni budaya ini sudah menjadi kalender tahunan yang merupakan rangkaian HUT Sultra. Kegiatan ini diharapkan dapat mempromosikan kekayaan budaya yang ada di Sultra sehingga bisa memicu pembangunan khususnya sektor pariwisata Sultra. Berdasarkan informasi yang dapat di himpun, selain pertunjukan seni budaya tari dan musik daerah tersebut, juga menampilkan lomba cipta lagu daerah. Kemudian, acara semakin dimeriahkan juga oleh penampilan Artis Ibu Kota yakni Anji eks band drive.

Tarian tradisional Sultra, Lulo, juga diagendakan oleh pemerintah daerah untuk mengisi salah satu rangkaian HUT Sultra ke-50, yang jatuh pada tanggal 27 April 2014 mendatang. Tarian yang memanfaatkan gerak kaki ini, bakal dikemas menarik dann unik hingga mampu memecahkan rekor MURI Nasional. Menurut Kepaqla Biro Humas dan PDE Setda Sultra, tarian lulo akan ditampilkan oleh seribu orang lebih mengitari Teluk Kendari.

Jika hal ini mampu terwujud, otomatis tarian daerah itu akan memecahkan rekor MURI Nasional dengan kategori tarian tradisional terpanjang. Sebelumnya memang, Gubernur Sultra, Nur Alam menginginkan agar diperayaan HUT Sultra yang 50 ini menampilkan hal-hal yang beda dan unik.

Pasalnya, Nur Alam mengagendakan untuk pagelaran Halo Sultra yang selama ini menjadi icon ulang tahun Sultra, dapat diagendakan untuk masuk kalender nasional, dan kegiatan rutin nasional tiap tahunnya. Di HUT Sultra kali ini, Nur Alam bakal kembali menghiasi Teluk Kendari dengan ratusan kapal hias yang akan diisi oleh para SKPD yang untuk sementara bakal menjalankan aktifitas perkantorannya diatas kapal tersebut.

Lampu hias akan dipajang disepanjang jalan protokol di Kota Kendari yang menjadi pusat perayaan festival ini. Ratusan rangkaian mulai Januari 2014 akan rutin dilakukan tiap minggunya menjelang malam puncak yang jatuh 27 April mendatang.Untuk membuka mata dunia terhadap festival terbesar di Sultra ini, Pemerintah Daerah melaunching event Sultra di Jakarta sebagai rangkaian promosi pariwisata kabupaten kota se Sultra.

Karo Humas mengatakan launching telah dilaksanakan Februari 2014 di Balairung Sapta Pesona Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif yang dihadiri Menparekraf, Gubernur Sultra di dampingi para Bupati dan Walikota se sulawesi tenggara dan para pejabat SKPD.

Pesertanya sendiri berasal dari kedutaan besar di Jakarta, pejabat Kemenparekraf, media TV dan majalah nasional, industri pariwisata/biro perjalanan Jakarta, serta masyarakat Sultra di Jakarta. Undangan sekitar 250 orang yang akan disertai pres confrence dengan media nasional, pameran mini kabupaten kota se Sultra, bahan promosi pariwisata kabupaten/kota, kalender event, kuliner daerah, dan produk kreatif.

Menurut Abu Hasan Halo Sultra akan menjadi event nasional, puncak HUT Sultra akan dipusatkan di Kendari. Rangkayan acara HUT Sultra selain akan digelar lulo masal mengitari teluk kendari, karnaval/pawai seni dan budaya, festival kuliner daerah yang akan diikuti TP PKK Kabupaten Kota, pawai etnik daerah Sultra, Fashion tambang, pertemuan provinsi kepulauan dan seminar-seminar.

Sementara itu, Pemda sangat mengharapkan peran Pemda Kabupaten dan Kota se Prov Sultra untuk mensukseskan pelaksanaan HUT Sultra apalagi dalam HUT Sultra disertai agenda rapat kerja Pemda Prov Sultra bersama Kepala Desa, Lurah dan Camat. "HUT emas Sultra akan lebih meriah dari sebelumnya dan Insya Allah akan menjadi kalender nasional," kata Abu Hasan. (yas)

Komentar