Ayo Mengkaji Al-Quran dan Hadist yang Benar, Jangan Asal-Asalan

Al-Quran dan Al-Hadist merupakan dasar dan pedoman agama Islam yang diakui oleh masyarakat Muslim seluruh dunia. Orang Islam yang mengkaji dan mengamalkan kandungan al-Quran dan al-Hadist dijamin pasti BENAR, amalannya diterima/sah, dan pasti masuk SURGA.
Sebaliknya orang yang tidak mengkaji Al-Quran dan Al-Hadist dan amalannya tidak sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasulullah dalam Al-Quran dan Al-Hadist maka ia SESAT, amalannya ditolak/tidak sah dan pasti masuk NERAKA. Sesuai dengan Firman Allah dan Sabda Nabi Muhammad S.A.W:
وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (153)
“Dan inilah (Quran) jalan-Ku yang lurus maka ikutilah dan janganlah engkau mengikuti sembarang jalan, akibatnya jalan-jalan itu akan pecah bersama kalian jauh dari jalan Allah, demikian wasiat Allah pada kalian agar kalian menjadi orang-orang yang bertaqwa”.
[Surah Al-An’am(6) ayat 153]

…وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ (7)
“… Dan apa-apa yang Rasul berikan kepada kalian terimalah dan apa-apa yang Rasul larang maka jauhilah dan takutlah kalian pada Allah, sesungguhnya Allah berat siksanya”.
[Surah Al-Hasr(59) ayat 7]

18 – (1718) وحَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ، وَعَبْدُ بْنُ حُمَيْدٍ، جَمِيعًا عَنْ أَبِي عَامِرٍ، قَالَ عَبْدٌ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الْمَلِكِ بْنُ عَمْرٍو، حَدَّثَنَا عَبْدُ اللهِ بْنُ جَعْفَرٍ الزُّهْرِيُّ، عَنْ سَعْدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: سَأَلْتُ الْقَاسِمَ بْنَ مُحَمَّدٍ، عَنْ رَجُلٍ لَهُ ثَلَاثَةُ مَسَاكِنَ، فَأَوْصَى بِثُلُثِ كُلِّ مَسْكَنٍ مِنْهَا، قَالَ: يُجْمَعُ ذَلِكَ كُلُّهُ فِي مَسْكَنٍ وَاحِدٍ، ثُمَّ قَالَ: أَخْبَرَتْنِي عَائِشَةُ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ عَمِلَ عَمَلًا لَيْسَ عَلَيْهِ أَمْرُنَا فَهُوَ رَدٌّ»
… sesungguhnya Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: “Barangsiapa beramal yang tidak ada atas amalan itu perkaraku (sesuai tuntunan) maka amalan itu ditolak”.
[Hadist Shohih Muslim No. 18 – (1718) Kitabul Iman]

3338/678 – مَالِكٌ؛ أَنَّهُ بَلَغَهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: «تَرَكْتُ فِيكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا: كِتَابَ اللهِ وَسُنَّةَ نَبِيِّهِ (1) » رواه موطأ الإمام مالك
… sesungguhnya Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: “Telah saya tinggalkan kepada kalian dua perkara, kalian tidak akan tersesat selagi berpegang teguh dengan keduanya, yaitu: Kitabillah dan Sunnah Nabi”.
[Hadist Imam Malik Al-Muatho’ No. 678/3338 Kitabul Qodar]

4607 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ، حَدَّثَنَا الْوَلِيدُ بْنُ مُسْلِمٍ، حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، قَالَ: حَدَّثَنِي خَالِدُ بْنُ مَعْدَانَ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَمْرٍو السُّلَمِيُّ، وَحُجْرُ بْنُ حُجْرٍ، قَالَا: أَتَيْنَا الْعِرْبَاضَ بْنَ سَارِيَةَ، وَهُوَ مِمَّنْ نَزَلَ فِيهِ {وَلَا عَلَى الَّذِينَ [ص:201] إِذَا مَا أَتَوْكَ لِتَحْمِلَهُمْ قُلْتَ لَا أَجِدُ مَا أَحْمِلُكُمْ عَلَيْهِ} [التوبة: 92] فَسَلَّمْنَا، وَقُلْنَا: أَتَيْنَاكَ زَائِرِينَ وَعَائِدِينَ وَمُقْتَبِسِينَ، فَقَالَ الْعِرْبَاضُ: صَلَّى بِنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ، ثُمَّ أَقْبَلَ عَلَيْنَا فَوَعَظَنَا مَوْعِظَةً بَلِيغَةً ذَرَفَتْ مِنْهَا الْعُيُونُ وَوَجِلَتْ مِنْهَا الْقُلُوبُ، فَقَالَ قَائِلٌ: يَا رَسُولَ اللَّهِ كَأَنَّ هَذِهِ مَوْعِظَةُ مُوَدِّعٍ، فَمَاذَا تَعْهَدُ إِلَيْنَا؟ فَقَالَ «أُوصِيكُمْ بِتَقْوَى اللَّهِ وَالسَّمْعِ وَالطَّاعَةِ، وَإِنْ عَبْدًا حَبَشِيًّا، فَإِنَّهُ مَنْ يَعِشْ مِنْكُمْ بَعْدِي فَسَيَرَى اخْتِلَافًا كَثِيرًا، فَعَلَيْكُمْ بِسُنَّتِي وَسُنَّةِ الْخُلَفَاءِ الْمَهْدِيِّينَ الرَّاشِدِينَ، تَمَسَّكُوا بِهَا وَعَضُّوا عَلَيْهَا بِالنَّوَاجِذِ، وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الْأُمُورِ، فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ، وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلَالَةٌ»
__________
[حكم الألباني] : صحيح
… maka Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: “Aku wasiat pada kamu sekalian agar bertaqwa kepada Allah dan mendengarkan dan taat, sekalipun pada budak Habsy (yang menjadi Imam), maka barang siapa diantara kalian hidup setelah aku akan menjumpai banyak perselisihan, maka tetapilah sunnahku, dan sunnah para Khalifah yang mendapat petunjuk dan benar, berpegangteguhlah dengan nya (sunnah itu) dan gigitlah dengan gigi geraham, jauhilah perkara-perkara (agama) yang baru, maka sesungguhnya perkara baru itu bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat”.
[Hadist Abu Dawud No.4607 Kitabu Sunah]

Secara keseluruhan mengkaji Al-Quran dan Al-Hadist mempunyai manfaat:
1.      Menjaga kemurnian agama Islam, menghindari ro’yu (membuat angan-angan, pendapat menurut pikirannya atau liberalisasi) dalam pemahaman dan pengamalan ajaran Islam.
3652 – حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى، حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ بْنُ إِسْحَاقَ الْمُقْرِئُ الْحَضْرَمِيُّ، حَدَّثَنَا سُهَيْلُ بْنُ مِهْرَانَ، أَخِي حَزْمٍ الْقُطَعِيُّ، حَدَّثَنَا أَبُو عِمْرَانَ، عَنْ جُنْدُبٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” مَنْ قَالَ: فِي كِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ بِرَأْيِهِ فَأَصَابَ، فَقَدْ أَخْطَأَ “
Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: “Barang siapa mengatakan dalam Kitabillah dengan pendapatnya (ro’yinya) maka meskipun itu benar, maka sungguh-sungguh ia telah salah (karena tidak merujuk pada tunutunan Allah dan Rosul)”.
[Hadist Sunan Abi Dawud No. 3652 Kitabul Ilmi]

5856 – حَدَّثَنَا الْهُذَيْلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحِمَّانِيُّ، حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الزُّهْرِيُّ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «تَعْمَلُ هَذِهِ الْأُمَّةُ بُرْهَةً بِكِتَابِ اللَّهِ، ثُمَّ تَعْمَلُ بُرْهَةً بِسُنَّةِ رَسُولِ اللَّهِ، ثُمَّ تَعْمَلُ بِالرَّأْيِ، فَإِذَا عَمِلُوا بِالرَّأْيِ فَقَدْ ضَلُّوا وَأَضَلُّوا» مسند أبي يعلى
Nabi Muhammad S.A.W. bersabda: “Umat ini akan mengamalkan Kitabillah, kemudian akan mengamalkan sunnah Rasulillah kemudian akan mengamal dengan ro’yi (pendapat pikiran) mereka ketika mereka beramal dengan ro’yi maka sungguh-sungguh sesat dan menyesatkan”.
[Hadist Musnad Abi Ya’li No. 5856]

2.      Menjamin sahnya pengamalan ibadah yang dikerjakan, sebab suatu amalan ibadah yang tidak didasari pengetahuan ilmu/ dalilnya tidak diterima Allah.

وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولـئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً* ٣٦
“Dan janganlah kamu sekalian mengerjakan suatu amalan apapun yang belum engkau miliki ilmunya,…”
[Al Quran surat Al Isro’ ayat 36]

3.      Menguasai ilmu Quran Hadist merupakan syarat mutlak hidupnya agama Islam dan tegaknya keimanan seorang Muslim.

الْعِلْمُ حَيَاةُ الْإِسْلَامِ وَعِمَادُ الإْيْمَانِ…الحدث * رواه أبو الشيخ عن ابن عباس
“Ilmu adalah hidupnya Islam dan tegaknya keimanan”
[Hadist riwayat Abu Syaikh dari Ibnu Abbas]

4.      Dengan mengetahui dasar dalil dalam Al-Quran & Al-Hadist para jamaah Muslim akan memahami hak dan kewajiban masing-masing sebagai orang Islam, sehingga jamaah mudah dinasehati, diarahkan dan diajak untuk beribadah dan beramal kebaikan.

يَرْفَعِ اللهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ* ١١
“Allah mengangkat orang-orang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu pada derajatnya,…”
[Surat Al Mujadalah ayat 11]

5.      Dengan menguasai ilmu Al-Quran & Al-Hadist masing-masing jamaah Muslim dalam beribadah tidak asal ikut-ikutan, tidak mudah terpaku pada figur ulama, kyai atau tokohnya.

6.      Mengaji Al-Quran dan Al-Hadist merupakan kewajiban pokok dalam Islam.

224 – حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ: حَدَّثَنَا كَثِيرُ بْنُ شِنْظِيرٍ، عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ، وَوَاضِعُ الْعِلْمِ عِنْدَ غَيْرِ أَهْلِهِ كَمُقَلِّدِ الْخَنَازِيرِ الْجَوْهَرَ وَاللُّؤْلُؤَ وَالذَّهَبَ»
__________
[حكم الألباني] صحيح دون قوله وواضع العلم الخ فإنه ضعيف جدا
رواه ابن ماجه عن أنس بن مالك
… dari Anas bin malik menceritakan bahwa Rosulullah SAW bersabda, “Mencari ilmu itu wajib bagi setiap orang muslim…”
[Hadis Ibni Majah No. 224 Muqodimah]

2885 – حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَمْروِ بْنِ السَّرْحِ، أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ، حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ التَّنُوخِيِّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” الْعِلْمُ ثَلَاثَةٌ، وَمَا سِوَى ذَلِكَ فَهُوَ فَضْل: آيَةٌ مُحْكَمَةٌ، أَوْ سُنَّةٌ قَائِمَةٌ، أَوْ فَرِيضَةٌ عَادِلَةٌ “رواه أبوداود عن عبدالله بن عمرو بن العاص
“Ilmu (yang wajib di cari) itu ada tiga, adapun selain dari tiga itu merupakan lebihan (tidak wajib dicari) Adapun ilmu (yang wajib di cari) yaitu ; ayat yang menjadi hukum (Al Quran) Sunnah yang tegak (Al Hadist) atau ilmu faroid yang adil (ilmu pembagian hak ahli waris)”.
[Hadist riwayat Abu Dawud No. 2885 Kitabul Faroidh]

Hal tersebut diatas sudah cukup menjelaskan kepada kita semua agar dalam beramal ibadah, itu semua harus didasari oleh ilmu yang sesuai Tuntunan Al-Qur'an dan Hadits-hadits yang shohih. Jangan sampai kita disesatkan oleh praktek-praktek amal ibadah dari kitab-kitab karangan atau hadis yang palsu (tidak merujuk pada tuntunan/sunah Nabi Muhammad S.AW). Jika ingin lebih mendalami ilmu Al-Quran dan Al-Hadits yang benar dan terjaga kemurniannya, silahkan datang dan ikuti pengajian di Masjid-Masjid yang dibina oleh LDII di sekitar tempat tinggal anda.


Komentar